Ad Unit (Iklan) BIG

Bagian Bagian Mikrometer Sekrup dan Fungsinya

2 comments
Daftar isi [ Tampil ]
Bagian bagian Mikrometer dan Fungsinya - Mikrometer adalah sebuah alat ukur yang bisa mengukur benda dengan satuan ukur yang mempunyai ketelitian hingga 0.01 mm.

Mikrometer merupakan salah satu alat ukur dengan ketepatan atau presisi yang tinggi yang digunakan untuk mengukur panjang atau ketebalan benda, kedalaman celah lubang, dan untuk mengukur diameter sebuah lobang.

Umumnya benda yang diukur menggunakan alat ini memerlukan tingkat presisi yang tinggi atau benda yang sangat tipis, seperti tebal kain, tebal kawat, tebal kertas bahkan sehelai rambut.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas nama bagian mikrometer sekrup dan fungsinya. Berikut akan dijelaskan komponen pada outside micrometer. Perhatikan gambar mikrometer sekrup dan bagiannya dibawah ini.

A. Bagian-Bagian dari Micrometer Sekrup

Bagian-bagian mikrometer sekrup secara standar terdiri atas bagian-bagian sebagai berikut ini, silahkan disimak selengkapnya :
Bagian bagian Mikrometer dan Fungsinya
Bagian bagian Mikrometer dan Fungsinya

1. Frame atau Bingkai

Frame ini mempunyai bentuk menyerupai huruf  C, frame dibuat dari bahan logam tahan panas serta di buat dengan desain agak tebal serta kuat dengan tujuan untuk meminimalkan terjadinya peregangan yang bisa mengganggu proses pengukuran. Frame juga di lapisi dengan lapisan plastik guna meminimalkan terjadinya transfer panas dari tangan manusia terhadap baja saat proses pengukuran.

Fungsi frame mikrometer adalah sebagai rangka atau struktur dasar mikrometer untuk meletakan komponen mikrometer yang lain dan juga sebagai gagang pegangan untuk mikrometer.

2. Anvil atau poros tetap

Anvil memiliki fungsi sebagai penahan saat sebuah benda akan diukur dan ditempatkan diantara anvil dengan spindle.

3. Spindle atau poros gerak

Spindle atau poros gerak merupakan sebuah silinder yang bisa digerakan menuju anvil. Fungsi spindle adalah sebagai penjepit benda kerja yang akan diukur, setelah benda kerja dimasukan kedalam mikrometer maka benda tersebut akan dijepit oleh anvil dan spindle.

Bagian ini terhubung dengan ratchet, saat kita memutar ratchet searah jarum jam atau berlawanan arah jarum jam, spindel akan bergerak maju-mundur, menjauhi atau mendekati poros tetap untuk menyesuaikan ukuran benda yang akan di ukur. 

4. Pengunci atau lock

Pengunci mempunyai fungsi untuk menahan spindle atau poros gerak agar tidak bergerak saat proses pengukuran benda.

5. Sleeve

Merupakan bagian silinder tipe barel yang dipasang pada spindel dan merupakan tempat terletaknya skala utama(satuan milimeter) mikrometer.

Fungsi sleeve adalah tempat diletakannya skala utama mikrometer sekrup.

6. Thimble

Thimble merupakan bagian berbentuk tabung yang terletak dibagian luar sleeve yang dapat berputar,  setiap thimble berputar maka spindle akan bergerak.

Fungsi thimble adalah tempat skala nonius atau skala putar berada. Fungsi dari skala nonius di thimble pada mikrometer adalah menunjukkan nilai pengukuran dalam pecahan.

7. Ratchet Knob

Dipakai untuk memutar Spindle atau poros gerak saat ujung dari Spindle telah dekat dengan benda yang akan di ukur dan kemudian untuk mengencangkan Spindle atau poros gerak sampai terdengar suara bunyi. Untuk bisa dipastikan jika ujung Spindle telah menempel sempurna dengan benda yang akan diukur maka Ratchet diputar sebanyak 2 sampai 3 putaran.

B. Komponen Tambahan Mikrometer

Komponen tambahan berfungsi untuk proses kalibrasi mikrometer, setidaknya ada tiga komponen tambahan tersebut antara lain:
Calibration rod
Calibration rod merupakan batang kecil dibuat dengan ukuran tertentu. Biasanya terdapat 3 ukuran calibration rod, yaitu 25 milimeter, 50 milimeter serta 75 milimeter. Seperi namanya komponen ini dipakai untuk acuan menyetting ataupun mengkalibrasi mikrometer. 
Kunci kalibrasi mikrometer
Micrometer calibration wrench atau kunci kalibrasi mikrometer adalah kunci yang dipakai untuk memutar sleeve. Saat proses kalibrasi garis horizontal pada skala utama harus lurus dengan angka 0 pada skala nonius. Jika tidak lurus, maka skala utama atau sleeve diputar memakai alat ini.
Dudukan mikrometer
Dudukan mikrometer atau micrometer stand, dalam proses kalibarasi alat ini sifatnya opsional. Artinya  tidak memiliki fungsi penting dalam proses kalibrasi. Dudukan ini berfungsi untuk memegang mikrometer agar kedua tangan kita dapat lebih bebas melakukan proses kalibarsi atau penyetelan tanpa memegangi micrometer.

Demikian sedikit tulisan mengenai bagian-bagian mikrometer yang kami rangkum dari berbagai sumber semoga bermanfaat.[ berbagai sumber ]

Related Posts

2 comments

Post a comment

Subscribe Our Newsletter